Wednesday, March 20, 2019

Laut Kita

Cruise, Ship, Cruiser, Cruise Ship, Vacations
























Rudy yang berasal dari Lampung akan berlibur ke Bali saat liburan semester. Dia sudah merencanakan liburannya dari jauh-jauh hari menggunakan kapal ferry untuk ke sana. Saat hari H, dia pun berangkat ke pelabuhan dan segera menaiki kapal dengan tiket yang sudah dia booking secara online. Kapal itu pun akhirnya berangkat dari Lampung menuju Bali dengan perjalanan tempuh yang cukup jauh melewati perairan Indonesia. Kapal yang Rudy naiki adalah salah satu dari sekian banyak kapal yang berlayar di laut, entah itu kapal kargo maupun kapal penumpang. Hal itu dikarenakan setidaknya lebih dari 90% perdagangan di dunia diangkut melalui jalur laut.

Di belahan bumi yang lain, terdapat Ani yang sedang rekreasi di Pulau Perhentian, Malaysia. Di pulau tersebut, dia berencana untuk melakukan Scuba Diving. Ketika Ani sedang melakukan Scuba Diving, betapa terpananya Ani melihat keindahan alam bawah air. Terumbu karang yang beraneka ragam, gerombolan ikan yang berenang ke sana kemari, dan penyu-penyu yang mengambang memberikan nuansa tersendiri seakan-akan daerah tersebut merupakan kota bawah air. Scuba Diving yang Ani lakukan adalah salah satu dari beberapa aktivitas unik yang laut sediakan untuk rekreasi. Banyak sekali aktivitas unik yang dapat dilakukan di laut dan menarik banyak wisatawan, seperti Parasailing, Kitesurfing, Kayaking, Ski Air, dan sebagainya.

Fish, Underwater, Diving, Water, Underwater World, Sea

























Laut merupakan tempat yang paling luas di bumi kita. Tanpa kita sadari, laut memiliki peran besar dalam kehidupan kita. Secara ekologis, laut menjadi tempat bagi ikan-ikan yang biasa kita konsumsi untuk hidup dan berkembangbiak. Laut pun turut berperan dalam mempengaruhi iklim di sekitarnya. Adanya musim penghujan di Indonesia tidak lepas dari uap air yang berasal dari laut. Uap air tersebut nantinya akan membasahi daratan sehingga daratan tersebut menjadi subur. Selain Rudy, banyak pula orang yang bepergian dengan menggunakan kapal laut. Di Indonesia sendiri yang memiliki garis pantai terpanjang ke-3 di dunia, selain pesawat, kapal laut menjadi salah satu transportasi untuk menyeberangi laut yang memisahkan antar pulau. Ani merupakan salah satu wisatawan dari sekian banyak wisatawan yang berlibur ke pantai. Kegiatan wisatawan-wisatawan tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi warga setempat dan juga salah satu sumber pemasukan bagi negara.

Di dalam laut, terdapat berbagai macam peristiwa alam yang sangat kompleks, salah satunya adalah gelombang. Gelombang merupakan suatu peristiwa yang sering terjadi di laut. Gelombang yang datang dari laut menuju pantai akan menyebabkan pengikisan yang membuat pantai menjadi lebih halus dan berpasir sehingga nyaman dikunjungi untuk berlibur. Tekstur pantai yang demikian pun memungkinkan beberapa hewan laut seperti penyu untuk menyimpan telurnya di sana. Tanpa adanya gelombang, daerah pantai akan memiliki tekstur yang kasar dan runcing atau bahkan tidak akan ada yang namanya pantai sama sekali selain tebing-tebing tinggi. Penyu pun akan sulit untuk mencari tempat bertelur. Adapun gelombang terjadi disebabkan oleh banyak faktor. Kapal ferry yang Rudy naiki adalah salah satu dari pembangkit gelombang. Faktor utama yang penyebab terjadinya gelombang di laut adalah angin. Semakin besar angin yang berhembus di laut, maka akan semakin besar pula gelombang yang terbentuk.

diagram of life cycle of a landslide
Sumber: Maine.gov
























Selain gelombang, terumbu karang di laut pun merupakan sesuatu yang kompleks. Hal itu dikarenakan terumbu karang memiliki banyak peranan bagi lingkungan di sekitarnya. Terumbu karang adalah tempat bagi banyak hewan laut untuk hidup, ikan-ikan yang Ani lihat adalah salah satunya. Hewan-hewan laut mencari makan, berkembangbiak, dan mengasuh anak-anaknya di daerah terumbu karang. Oleh sebab itu, daerah terumbu karang yang sehat akan memiliki banyak biota laut di sekitarnya. Selain memiliki peranan bagi hewan laut, terumbu karang pun berguna sebagai pelindung daerah pantai. Adanya terumbu karang dapat menjadi peredam jika ada gelombang yang cukup besar menuju ke arah pantai sehingga gelombang tersebut tidak menimbulkan pengikisan pantai yang berlebihan.

Fish, Aquarium, Sea, Fish Tank, Coral Reef, Reef
























Adanya gelombang dan lingkungan terumbu karang di laut merupakan dua contoh hal yang terdapat di laut. Hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang mempengaruhi laut kita hingga sekarang. Masih banyak lagi peristiwa-peristiwa menarik di laut yang bisa untuk di cari tahu jika ada orang-orang yang tertarik untuk mempelajarinya.

Laut dapat memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Ikan-ikan di laut dapat menjadi sumber makanan dan juga sumber penghasilan bagi para nelayan jika tidak terjadi kerusakan pada tempat tinggal mereka dan juga tidak terjadi penangkapan ikan secara berlebihan. Gelombang dapat menjadi sumber energi listrik jika dapat ditemukan lokasi yang cocok dan konstruksi yang baik. Selain itu, terdapat pula beberapa daerah di laut yang belum bisa di eksplorasi karena belum mampunya teknologi kita untuk mengeksplorasi. Jika kita dapat menemukan cara agar dapat menjelajahi wilayah tersebut, barangkali kita dapat menemukan sesuatu yang menakjubkan, seperti elemen bumi yang langka (Rare Earth Element/REE). Harga dari REE sangatlah mahal jika di jual di pasar.

Image result for wave electric generator
Sumber: Renew Economy




















Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang memiliki banyak laut. Laut yang kita miliki tidak berarti apa-apa kecuali hanya laut biasa. Namun, jika kita dapat mempelajarinya lebih jauh, laut yang kita miliki dapat memberikan potensi dan manfaat yang besar. Kita dapat menjadi kaya dari laut kita sendiri jika kita dapat memanfaatkannya secara maksimal.

REFERENSI
https://business.un.org/en/entities/13
https://wikitravel.org/en/Perhentian_Islands
https://www.worldatlas.com/articles/countries-with-the-most-coastline.html

No comments:

Post a Comment